top of page
Writer's pictureKontraktor Jalan

Jasa Konstruksi Baja Plat Padang-0812-9746-2407

Apa Itu Plat Besi ?

Bagi Anda yang sudah terbiasa dan paham dengan dunia konstruksi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan material satu ini Mempunyai penampang atau permukaan rata dan bentuk lembaran adalah nama besi jenis plat. Serta material ini hadir dengan ukuran plat besi lembaran yang sangat beragam.

Biasanya memiliki ukuran plat besi per lembar dengan standar yang sudah ditetapkanDengan kisaran 4 x 8 feet dan tebal plat besi yang dimulai dari 0.6 mm sampai 50 mmUntuk plat ini sendiri, tentunya telah memiliki sebuah standar ukuran dalam SNIUmumnya dalam aturan tersebut telah ditoleransi dengan ukuran kurang lebih 0.1 mm

Mempunyai nama lain berupa plat hitam eserDengan fungsinya yang cukup beragam, mulai dari menjadi alas, lapisan sebuah pintu, atau bahkan untuk fabrikasi pada tangki air Diantaranya adalah plat hitam, plat bordes, plat kapal, dan masih ada beberapa lainnya.

Pada pasaran yang beredar, material ini merupakan jenis baja strukturalYang mana sering dipakai pada pembuatan baja karbon rendah, sehingga mampu menghasilkan fleksibilitas bahan yang baik Dan bahkan material ini juga sangat terkenal dengan kekuatan dan ketahanannya pada berbagai keadaan.

Dengan keunggulan atau kelebihan yang ditawarkannya, memungkinkan bahan ini untuk dibor ataupun dibentuk sesuai dengan kebutuhan pada konstruksi Tak hanya berguna dan diaplikasikan pada konstruksi, plat ini juga sering digunakan pada berbagai macam industri reparasi dan fabrikasi.

Dalam bidang konstruksi, produk besi plat memiliki peranan yang sangat penting.

Ketahanan dan kekuatan dari besi plat merupakan bahan yang sangat diperlukan pada industri lain karena tingkat ketahanan dan kekuatan yang sangat tinggi. Saat ini ada banyak jenis-jenis plat yang perlu kamu tahu sehingga jika berniat menggunakannya tidak salah pilih lagi.

Ada beberapa jenis plat besi yang saat ini memang umum banyak digunakan dalam konstruksi atau lainnyaMasing-masing plat besi tersebut tentu saja memiliki kualitas yang berbeda-beda karena disesuaikan dengan fungsi serta kegunaanya.

Jenis-Jenis Plat Besi Yang Perlu Kamu Tahu

Berikut ini jenis-jenis plat besi yang perlu kamu tahu sebelum memilihnya sebagai material konstruksi dan industri lainnya.

1Plat Hitam (Base Plate)

Plat hitam memiliki dimensi seukuran tripleks yaitu 122×124 cm atau 4×8 feet dengan ketebalan mulai dari 1,2 mm sampai 200 mmPada umumnya dalam struktur baja profil, jenis plat besi ini banyak digunakan sebagai penguat dan diaplikasikan untuk dudukan material profil, bahan baku pembuatan tangki, dan yang lainnya.

2Plat Kapal

Plat kapal umumnya digunakan dalam berbagai pembuatan instalasi kapal dan material konstruksi serta fabrikasi, pembuatan tangki dan yang lainnyaPlat kapal memiliki ciri khas yaitu ukurannya yang relatif panjang dan lebar.

Ukuran panjang plat ini 6.000 mm yang memiliki dua ukuran lebar yaitu 1.800 mm dan 1.500 mmDibandingkan dengan produk lainnya, jenis plat kapal mempunyai ketahanan yang lebih terutama tahan terhadap korosi.

3Plat Kembang

Jenis plat besi selanjutnya yaitu plat kembang yang dikenal memiliki permukaan berteksturNama lain dari plat ini adalah plat lantai atau plat berlianPlat kembang berukuran standar 1,2 meter x 2,4 meter dengan ketebalannya yang bervariasi.

Plat kembang banyak diaplikasikan untuk elemen lantai atau anak tangga pada bangunan, elemen lantai pada sarana transportasi seperti bus, angkutan umum, mobil damkar, dan keretaJenis plat besi ini memiliki tekstur yang kasar untuk mengantisipasi licin sehingga meminimalisir kejadian terpeleset.

4Plat Strip

Plat besi jenis ini bentuknya seperti papan kayu dengan panjang standar 6 meter dan lebar yang bervariasi mulai dari 19 mm sampai 200 mmSementara untuk ketebalannya antara 3 mm sampai dengan 12 mm.

Biasanya jenis plat strip banyak diaplikasikan sebagai material pagar, jendela, teralis pintu, dan berbagai konstruksi pengaman yang lainnyaSalah satu kelebihan plat strip adalah mudah ditekuk dengan las sehingga mudah dibentuk sesuai kebutuhan.

5Plat Bordes

Bordes adalah area datar di bagian tangga yang bisa digunakan untuk mengistirahatkan kakiBiasanya bordes dibuat pada tangga dengan jumlah anak tangga lebih 12Pilihan yang sangat tepat jika plat bordes diaplikasikan di daerah peralihan pada tangga di ruang interior ataupun eksterior.

Plat bordes memiliki tekstur permukaan seperti pada jenis plat kembangFungsinya mengurangi risiko jatuh terpeleset saat area tangganya basahPengaplikasian plat bordes banyak ditemukan untuk lantai mobil bak terbuka, truk, bagian peralatan olahraga, dan lantai bangunan pabrik.

Itulah jenis-jenis plat besi yang perlu kamu tahu sehingga jika nantinya membutuhkan plat besi tentu saja tidak salah memilih sesuai yang dibutuhkanJangan sampai salah memilihnya karena masing-masing memiliki fungsinya sehingga harus disesuaikan.

Manfaat Konstruksi Baja Plat

Apa pun jenis, ukuran, atau spesifikasi pelat baja yang Anda butuhkan, Baja.kontraktorKonstruksi.co.id dapat menyediakannyaLebih baik lagi, para ahli kami dapat membantu Anda memutuskan apa pilihan terbaik untuk proyek Anda sehingga Anda tidak perlu merasa tertekan untuk menjadi ahli dalam pelat baja dan ukuran standar.

Anti Korosi

Kegunaan Umum

Alat Berat

Daya Tahan

0 views0 comments

Kommentare


bottom of page